THE CHALLENGES OF LIFE 

​Yaa, dari postingan gw sebelumnya , gw selalu cerita kalau gw ga ikutan kegiatan ini itu karena gw sakit,dan gw ga lanjut sekolah juga karena gw sakit. Ok,sekarang gw akan cerita tentang beberapa riwayat penyakit gw .

Kita mulai dari usia 3 tahun .berawal dari gw pergi ke bali,dan sampai akhirnya gw pulang lagi ke bandung ,mungkin ya ntah gw kecapean atau gimana gw gatau ,tapi sejak dari situ , mama bilang setiap gw tidur ,mata gw suka tiba-tiba yang putih diatas dan gw kejang gitu . mungkin awalnya mama papa gatau ,waktu itu gw kenapa, tapi ternyata gw sering banget kaya gitu . akhirnya mama papa ,memutuskan membawa gw ke rumah sakit swasta di bandung , klinik syaraf anak tepatnya . setelah melewati berbagai macam tes , EEG dan MRI.  Gw dinyatakan terkena epilepsi . gw belum ngerti dulu tentang sakit gw ini , tapi mungkin mama dan papa kaget tentang gw yang divonis kena epilepsi . semenjak gw terkena epilepsi , gw pun ga bisa seaktif anak –anak lainnya , gw harus bolak balik ke rumah sakit untuk menjalani pengobatan ,dan dimanapun gw berada ,gw harus membawa sebotol obat berwarna merah ,dan sampai detik ini gw masih inget sama rasa obat itu, ada juga sebuah obat yang dimasukin lewat belakang ketika gw sedang kambuh kejangnya  . Selama 4 tahun gw menghadapi epilepsi , gw sering banget masuk rumah sakit. bahkan mama sempet bilang , kalau gw sempet ngeluarin busa dari dalam mulut dan gw sempet sampai parkinson .ketika gw berumur 7 tahun , gw pun pernah kambuh ketika gw tidur disekolah tempat mama gw bekerja , gw ga begitu inget ,tapi yang gw denger sih ,mama panik banget dan langsung membawa gw ke rumah sakit . dari situ gw merasa penyakit gw semakin menjadi , gw merasakan kesemutan di dalam mulut yang membuat gw pun ga bisa bicara dengan jelas . sampai suatu saat ketika mama gw membawa gw ke dokter itu lagi , dan menambahkan 1 jenis obat yang bisa dibilang obat keras untuk usia gw gini , dan gw inget ,gw hanya dianjurkan untuk minum setengah tablet kecil banget . gw menjalani semuanya dengan iklas dan senang hati ,karena disitu gw masih kecil dan belum terlalu mengerti tentang ini itu , jadi gw sangat semangat untuk menjalani semuanya . 

Beberapa hari kemudian , gw inget banget gw lagi nginep di rumah eyang gw di daerah dago gitu karena itu adalah hari libur panjang  ,tanpa mama dan papa. tiba – tiba pas gw lagi mandi gw ngerasa badan gw merah-merah semua dari badan gw tangan daan paha semua merah sampai ke punggung ,leher dan lain-lain . dengan itungan jam , badan gw mendadak panas tinggi dan sariawan banyak banget di bibir . darisitu gw langsung bilang ke eyang gw ,dan langsung menelepon mama dan papa yang ada di rumah ,  langsung aja mama dan papa ke rumah eyang  ,gw inget banget sih itu kejadian beberapa hari sebelum papa mau pergi ke Cilacap untuk ke nikahan adiknya. Gw udah nyiapin gaun warna pink kesukaan gw , tapi akhirnya gaun itu cuma tinggal kenangan aja , karna gw gajadi ikut papa gw untuk ke nikahan om gw itu . mama gw memutuskan untuk stay sebentar di rumah eyang gw itu , tanpa di duga , gw inget banget itu tanggal 7 Juli 2007 (7-7-2007).panas gw ga kunjung reda, yang  tadinya sariawan itu banyak banget , berubah jadi mulut gw yang bernanah.dan mata gw yang dipenuhi oleh kotoran (belek) sampai ga bisa dibuka itu mata . akhirnya karena jarak dari rumah eyang ke rumah sakit sangat dekat, gw mama dan eyang ,memutuskan untuk ke rumah sakit . gw langsung dilarikan ke UGD rumah sakit tersebut , dokter jaga langsung memeriksa gw ,  dan dia langsung bilang kalau gw kena “steven jhonson syndrome” , ya sebuah penyakit  yang terjadi karena gw keracunan obat epilepsi gw sendiri . dokter jaga bilang “bu kalau anaknya telat sedikit aja ,nyawanya bisa ga ketolong”. seketika itu pun , bercak merah yang ada di seluruh tubuh gw ,berubah jadi gelembung-gelembung berisi air yang sangat besar ,dan seketika muka gw yang  tadinya bersih banget gaada apa-apa , berubah menjadi kulit hitam gosong seperti kebakar gitu . gw langsung dipasang alat –alat untuk mengukur denyut jantung gw , gw inget gw dipasangan berbagai macam alat gitu ,di dada gw ada 3 kabel gitu ,di tangan gw untuk ngukur apa gw gatau ,dan dikaki gw untuk mengukur apa juga gw gatau , dan mulut gw ditetesin air garam atau apa ga jelas ,  dari situ gw langsung masuk ke ruangan NICU atau bisa dibilang ICU khusus untuk anak .  disitu gw setengah sadar ,tapi gw inget gw sempet bilang laper ke suster disitu , tapi kata suster gw  harus puasa . mana di ruang itu , gw gaboleh ditemenin mama dan papa . ya gw harus sendiri . suara alat rumah sakit dan suster penjaga ,adalah teman gw selama di dalam NICU  . Tapi gw bersyukur ketika , jam besuk , mama papa saudara dan yang lainnya ,setia selalu disamping gw mendampingi gw ,selalu kasih gw semangat dan doa . tapi gw inget kadang malem hari ,gw suka nangis sambil didegerin lagu rohani gitu sama susternya . oiyahh dokter yang nanganin gw pun ga cuma 1 , tapi 5 hahaa , ada dokter mata , dokter anak , dokter kulit ,dan 2 dokter lainnya adalah dokter syaraf  . 

Kata mama sih , mama selalu nanya “mba , ga perih itu mulutnya atau badanya ?” , dan gw selalu menjawab “ngga ma , ga sakit” , padahl kata mama , itu pasti sakit banget perih banget . terus mama gw pernah nanya ke susternya tentang nyawa gw bisa ditolong  apa ngga , susternya cuma jawab “berdoa aja bu”.

Sekitar 2 atau ya 3 hari berlalu , gw pun dipindahkan ke kamar biasa ,tapi ya tetep , gw dipindahin di ruangan isolasi gitu . inget banget ,ketika perawat nganter gw untuk pindah ruangan , di dalam lift gw kaget . muka gw bener-benr kaya monyet ,bahkan kalianpun kalau lihat ,gaakan tau kalau itu gw . di dalam ruangan itu gw bisa di temenin mama papa atau siapapun lah . 

Gw inget banget , dulu sering banget infus gw gajalan gitu terus pas dibetulin tetep aja ga bisa,si pembuluh darahnya katanya suka ga keliatan gitu ,tujes sana tujes sini,tetep ga bisa , sampai pada akhirnya  gw sempet di infus dimata kaki hadeuh.

Selama 2 minggu gw berjuangan melawan steven jhonson dan  mengembalikkan kulit , tubuh gw seperti semula . akhirnya gw diperbolehkan pulang , dengan hati yang bener-bener seneng, tapi ya gw pun masih harus kontrol ke dokter  gitu ,  dan itulah alasan kenapa gw telat masuk sekolah sd kelas 1 . 

Dan tanpa diduga  , EPILEPSI YANG SELAMA INI GW DERITA SEMBUH TOTAL ,DAN TUHAN  , NGASIH GW KADO , YAAA ,ITU ADALAH ADIK GW . gw langsung seneng banget , selama 7 tahun gw mendambakan datangnya seorang adik , dan akhirnya terwujud ,ya tuhan terimakasih atas semuanya . Dan sampai detik ini ,epilepsi itu bener bener hilang , ya walaupun bekas steven jhonson masih ada di sekitar tubuh gw ,dan mnyebabkan kulit gw jadi rada hitam .dan waktu gw kembali sekolah itu ,  gw diejek  karena kulit gw item-item bekas steven jhonson masih ada.

Ok,gw cerita sampai sini dulu ya ,  buat cerita sakit gw yang lainnya , bakaln lanjut di postingan selanjutnya ya

Leave a comment