THE CHALLENGES OF LIFE (2)

ini beberapa temen-temen dan sahabat yang jenguk waktu di rumah sakit❤

Ok , gw lanjut ya , tentang smp kemarin yang kata gw ga ikut mos itu karena gw kena gondong gitu lah tau pasti kaya gimana , terus gw mau cerita tentang smp ini kelas 9 gw keluar sekolah kan , karena gw sakit . 

 Berawal dari kelas 8 akhir-akhir gitu lah ya ,sekitar bulan Mei 2015 gw tuh dari sekolah habis ada acara,tapi sebelumnya gw ada latihan krisma di gereja .gw inget banget itu kejadiaa hari minggu . senin malem habis pulang sekolah , gw lagi ngerjain tugas sambil chatting gitu sama temen , terus tiba-tiba perut gw tuh ga enak banget , gw langsung bilang ke papa gw yang masih bangun tidur waktu itu , dia langsung buatin gw teh anget ,terus gw minum deh , besoknya gw ngerasa ga membaik , malah di kelas gw uring-uringan sendiri gitu , jalan sana ,jalan sini ,cuma buat ngilangin rasa sakit itu ,temen-temen gw pada nanyain gw kenapa , gw jawab aja sakit perut , tapi gw mikir , gw mau bulanan gitu ,jadi perut gw sakit dan gw uring-uringan sendiri , ehh ternyata bukan , yaudah gw diemin aja . Besoknya gw ngerasa lemes banget ,gw diem aja dikelas , terus inget banget itu pas upacara gw udah gakuat tapi gw tahan , sampai kelas gw megangin perut gw terus , gw tetep ngikutin pelajaran biasa , temen-temen nanya lagi gw kenapa,tapi gw bilang aja ga enak perut biasa . akhirnya jam pulang pun datang , gw langsung ke mama gw , bilang kalo seluruh badan gw sakit ,udah lemes banget dan perut gakuat . mama langsung bawa gw ke klinik deket sekolah gitu , gw ma iya iya aja lah da gakuat kan , ehh ternyata dokter bilang asam lambung ,oke gw minum dah tuh obat dan ga masuk sekolah dari hari kamis jumat ,dan berniat masuk hari senin . Tapi setelah beberapa hari gw minum obat itu , tetep gaada hasil ,padahal  hari sabtu nya gw bakalan ikut krisma. Langsung di hari jumatnya ,gw pergi ke rumah sakit gw yang udah jadi langganan sejak lahir dan sakit ahahaha yaa Borommeus. Gw langsung ke klinik (internist) penyakit dalam gitu , terus kata dokter gw harus coba usg dan cek urine ,berhubung USG udah tutup dan cuma bisa cek urine aja , ok lah gw cek urin aja , dan hasilnya puji tuhan bagus , cuma ada 1 jenis bakteri kalau ga salah ,tapi gapapa. dokter bilang gw kena infeksi kelenjar di dalam perut , beres kan gw masih lemes keringet dingin juga , gw pun pulang ,dan mencoba beristirahat karena besok gw harus ke gereja untuk sakramen krisma .  

Akhirnya sabtu pun datang , gw yang tadinya semangat gitu buat ikutan  pemberkatan krisma , tiba-tiba aja jadi kesakitan parah ,tangan dan kaki gw jadi dingin banget ,dan gw pergi dari rumah cuma ber2 sama mama ,naik motor.di gereja gw udah nangis  nangis gakuat , nahan sakit dan pengen pulang aja . Tapi puji tuhan , tuhan sangat amat baik sama gw ,tuhan kasih gw kesempatan untuk mengikutin sakramen krisma ini .  walaupun ga sampai selesai , tapi gw bersyukur karena tuhan selalu melindungi. Dan papa langsung nyusul gw dan mama ke gereja , setelah itu gw langsung dibawa ke rumah sakit lagi , gw dibawa ke ugd sama mama naik motor , dan obat-obatan kemarin lupa dibawa , jadi papa ngambil lagi kerumah , kasian bolak balik kan,udah malem pula kan . Mama selalu bilang ke gw , setiap mama bawa gw di motor dalam keadaan gw yang seperti itu , mama selalu berdoa sama tuhan , ya doa bapa kami . mama selalu bilang “kuat ya mba kuat” gw pun tersenyum aja .  sampai di rumah sakit , mama langsung ngedorong gw ke UGD pake kursi roda , disana gw langsung ketemu dokter jaga ,katanya sih sakitnya belum ketauan , terus gw dianjurin opname , yaudah   gw opname aja . sekalian USG , tapi karena dokter yang kemarin bilang gw itu ada infeksi kelenjar ,gaada karna cuti .  Gw pun langsung ganti dokter . sekitar 5 hari gw masuk rumah sakit , gw pun akhirnya dibolehi pulang , katanya gw sakit asam lambung , yaudah aja . selesai itu gw langsung kembali ke sekolah , tapi aneh . kenapa ya gw masih lemes aja terus perut gw suka masih sakit banget nget nget .tapi,sometimes gw udah ngerasa badan gw agak kuat gitu,sampai gw memutuskan utuk ikut porseni gitu di sekolah , yaa aoalagi kalau ga basket ,yakan , itung-itung itu kenangan basket terakhir gw di kelas 8 ini kan ,gw pd banget sehat kan,padahal gw udah banyak yang ngomong mending jangan ikutan basket ,takut gimana gitu kan ,tapi gw kekeuh pengen soalnya ini juga tu final lawan kelas lain , dipertandingan gw ngerasa biasa aja ,gaada yang perlu di khawatirkan gw rasa , tapi pas gw balik ke kelas gw ngerasa nafas gw pendek  gitu dan sakit perut tapi gw diem aja gitu , ehhh yang lain pada nanya gw kenapa tapi gw diem aja gitu gw jawabin gapapa , ehh pas gw turun ke mama gw karena itu udah selesai dan dibolehin pulang , gw ngerasa lemes banget ,perut gw udah kaya ada yang nonjok gitu , gw dianter temen gw pas gw pulang itu ke tempat mama gw , singkat cerita gw dibawa di uks sd ,gw ngerasa sakit banget itu perut dan sesek napas sampai gw ngabisin 1-2 oksigen gitu,gw dikerubungin guru dan orang-orang yag lihat gw langsung ngebantu gw untuk nganterin gw ke rumah sakit borromeus, gw udah nangis karena panik sendiri kan ,udah bengek banget padahal gw ga punya riwayat asma sama sekali , gw langsung di bawa ke ugd borromeus pake mobil temen mama gw ,guru juga itu , langsung gw dipasang selang oksigen ,suntik lagi ,obat lagi , karena asam lambung. sampai akhirnya sekitar 2 bulan tepatnya bulan juni atau juli , gw kembali di opname , tapi ntah gw jadi ganti dokter lagi karena apa  ya , dokter yang kemarin gaada apa gimana gw lupa, gw pun diajurkan menjalani endoskopi , dan hasil nya pun menyatakan bahwa gw kena bakteri di dalam lambung dan usus gw , lambung penuh sma cairan dan ruam-ruam merah . darisitu gw ga ngerti kenapa badan gw atau fisik gw tuh lemah banget ,kaya kena matahari kelamaan, gw bakaln lemes banget, keluar rumah aja gitu rada lamaan ,ga bisa banget , nyium bau aja gw eneg dan batuk-batuk . mana itu gw masuk rumah sakit pas lagi liburan kenaikan kelas . dan sampai akhirnya gw kembali ke sekolah untuk kelas 9 . disitu gw gaikut upacara ,gw diem di uks ,dengan keadaan lemes dan minyak kayu putih selalu ada di tangan gw . gw ga yangka hari it adalah hari pertama dan terakhir gw berada di SMP WARINGIN,hari terkhir merasakan duduk di bangku SMP dan merasakan kelas 9 cuma sehari . Mungkin gw shock apa gimana , gw sering banget nangis , karena kaya belum terima aja gitu , dan kondisi gw pun naik turun , gw pun ganti-ganti dokter, dan selalu mengonsumsi obat terus , bahkan alternatif pun gw jalanin .  dan sampai pada akhirnya ,sekitar bulan November 2015 gw dianjurkan cek feses dan cek darah lagi sama dokter yang beda ini. Ok gw cek , tapi gw gatau kenapa dari hari itu , gw ngerasain perut gw bener bener kolik ,sakit banget kaya ada yang nonjok gitu, dan besoknya malem-malem gw dibawa ke UGD lagi sama mama gw , gw udah disuntik dan dikasih obat , tapi sakitnya ga kunjung reda , dan kata dokter kalau ga ngurangin , gw mending di opname aja ,untuk observasi lebih lanjut, muka mama udah males banget ngadepin rumah sakit lagi ,tapi mau gimana lagi kan , nah darisitu gw kembali lagi sama dokter yang bilang gw kena asam lambung itu. Oiyah btw setiap gw kesakitan ,gw selalu tremor kalo ga tangan ya kaki ,kadang kaki tangan langsung . dan dokter ini pun ngerujuk gw ke dokter syaraf LAGI ,ok ini gw dapet 2 dokter lagi . besoknya papa bawain hasil test sebelumya , dan dilihat bakteri di dalam lambung usus udah hilang . BUT feses gw berlendir dan berdarah (maaf ini emang jorok) . dan kata dokter gw kena gangguan fungsi usus gitu atau infeksi usus . gw dianjurkan ct scan perut. Ok ct scan perut gw bakalan hadapin , pikir gw ct scan perut itu cuma puasa kaya USG ,taunya ngga , gw harus nguras perut gitu pake garem inggris katanya ,tapi apaan garem ,garem ma mana ada yang pait ,lha ini ma pait bener , terus gw dimasukin obat perangsang gitu lewat bawah belakang (tau lah apa ya),ga nanggung itu obat isi cairan seukuran sama cairan infus . tujuannya biar gw buang air besar terus ,supaya perut gw kosong . asli kesiksa gitu ampun perut gw jadi gepeng banget rata astaga . dan keesokan harinya gw pun akan ct scan , eh ternyata , sebelummnya si suster sama dokter yang mau nge ct scan gw ,nanya “kamu alergi obat apa?” gw jawab aja “depakent sama carbamitzepin” ,”terus reaksinya apa?” , “steven jhonson sus” , gw yang udh ganti baju pake kimono gitu,terus udah baringan di tempat tidur mesin ituu dinyatakan ga bisa buat ngejalanin  ct scan , dikarenakan ct scan itu ,harus dimasukin pengontras 80cc ke dalam tubuh kita lewat suntikan , sedangakan pengontras itu ,memicu berbagai macam alergi , dan gw ini pernah kena steven jhonson , bisa juga karena dimasukin pengontras , gw bisa kembali terkena steven jhonson . dokter dan suster gamau ngambil resiko ,jadi semua dibatalin gitu aja . sumpah darisitu gw  yang nangis gitu sedih banget . terus sebuah pengetestan juga disuruh sama dokter syaraf gw , yaa EEG lagi. Untuk ke 3xnya  gw ngerasain EEG . ok gw jalanin , dan dari hasil itu gw sempet dibilang kena spasmophilia atau dibilang kejang otot, tapi sampe sekarang itu penyakit ga pernah dibahas hahaha. oiyah  di opname ke 3 ini di taun 2015, hal  yang berkesan banget bagi gw , gw merasakan bisa lebih deket sama pasien-pasien gitu , baik-baik udah kaya yang kenal lama aja gitu . terus gw kembali dipertemukan sama pastor yang baik banget disini ,namanya pastor routen ,pastor bule baik banget, di opname ke 3 ini ,dia bilang mau ngasih gw rosario buatan dia ,tapi mungkin lupa karena udah usia , jadi gapapa ,kebaikan beliau akan selalu gw inget pasti . udah gitu di opname ke 3 , gw ngerasain misa orang sakit ,sekalian pengakuan dosa ,sumpah si gaakan gw lupain sampai kapanpun, perawatnya pun semua friendly gitu . selama 9 hari gw disana ,akhirnya gw boleh pulang . dengan badan yang agak segeran gitu .

Setelah seminggu kemudian,gw rasa badan gw asli super ga enak ,dan setiap makan gw selalu muntah , gw ngerasa pusing banget banget dan gw kembali ke rumah sakit karna ada schedule kontrol ke dokter syaraf gw , ini first time banget gw ngerasain natalan di rumah sakit , gw dapet kue tart dari temen papa gitu ,dan dapet cup cake dari rumah sakit . Sekitar 5hari, gw di MRI lagi .dan puji tuhan hasil bersih ,mungkin itu dari pencernaan gw apa gimana , dan darisitu gw dirujuk ke profesor gitu dah ,tapi ga dilaksain sama mama papa dan gw ahahah gapapa dah . dan dari situ ngerasa badan gw udah enak ,mungkin karena itu juga banyak dukungan dari semuanya , atau karena gw udah memasuki tahun baru ya 2016 , gw mikirnya tahun baru semangat baru ,dan sbentar lagi gw ulang tahun , gw mikirnya gitu aja.Sisa waktu gw dirumah  gw bisa make buat maen dan les gitu . dan dari situ gw ngerasa udah sehat walafiat sumpah , ga ngerasa keluhan gitu kecuali pas gw lagi kecapean doang . muzizat banget pokoknya ,udah seneng banget kan itu .

Eh  di tahun ini gw juga sempet masuk rumah sakit haish ahahah .sebelumnnya tuh gini , gw kan pernah minta surat sehat gitu ke dokter umum deket rumah , untuk keperluan sekolah , terus dia meriksa perut gw , dia bilang “wah ini udah parah banget ini perutnya” , gw sih awalnya ky biasa aja gitu ga gw masukin pikiran atau hati ,karena yang gw rasa gw udah sehat . ehhh teryata omongan dokter bener kan ,gw malah sakit pas masuk sekolah di hari pertama itu langsung dibawa ke rumah sakit ahahah ,dengan sigap mama papa bawa gw ,gw yang meringis kesakitan ,dan lemes banget jalannya sambil nangis gitu berusaha nguatin diri dan perut gw gitu,sampai gw dan mama gw lupa poliklinik itu di lantai berapa,dan kita malah kebablasan lift sampai ke lantai 7 haduhh,di lift gw bertemu orang yang ga gw duga .dan gw ketemu pastor routen lagi,tapi dia lupa gw ,gw sama mama nyapa aja sambil senyum gitu.akhirnya gw dan mama nyampe di lantai 2 ,mama langsung daftar dan gw duduk aja diem, eh kebetulan klinik sepi dan gw bisa cepet masuk , gw ditimbang cek suhu dan tensi,timbangan gw turun lagi 2 kilo jadi 49kg, setelah gw berhasil nginjek angka 51kg dari 44kg itu rasanya waw banget kan. Butuh waktu 6 bulan untuk menaiki berat badan .  oiyah selain itu , gw tu udah sebulan gitu ada benjolan di ketiak , sakit dan gede banget parah . terus sekalian lah gw konsul juga ke dokter gw sekalian meriksaa perut gw , terus katanya ya gitu gw kambuh karena kepanasan itu memicu lagi , terus dokter meriksa ketek gw itu , eh kata dia gw kena bisul tapi meradang gitu ,atau biasa disebut abses sih ya . dan jalan 1 1 nya biar itu abses hilang, gw harus diambil tindakan , gw sih iya iya aja yak . gw pun dirujuk ke dokter bedah gitu . awalnya gw ga takut , gw lmpeng aja duduk sambil megangin perut yang ga enak dengan memakai seragam smp ditemenin mama dan papa . sejam , 2 jam gw tunguuin ..akhirnya beres juga si dokter ngoprasi yang lain , dokter pun langsung ke klinik dia , 1 per 1 orang  dipanggil . ketika gw dipaggil ,aneh rasanya deg degan ,ruanganya besar dan dingin banget sumpah. Terus dokter bilang harus diambil .ok fine diambil gapapa,eh sebelah gw gitu juga sama ada abses tapi ga segede gw . teru dokter nanya ke pasien itu “mau bius total atau bius lokal” dia jwab “lokal aja” terus dokter nanya lagi “BENER YA BERANI YA?” , gw seketika kaya makin aneh gitu ,dalam hati gw bertanya “emang tindakannya gimana sih?” ,tapi di situ gw kaya yang stay cool aja hahah. Sampai pada akhirnya , seragam putih gw disuruh dilepas sama susternya , itu dingin banget sumpah , dan mama ngedampingin gw selalu disamping gw .eh sebelah gw nangis coba kesakitan ,lha gw takut dong ya , gw bilang ke mama gw “ma kabur aja yu” ,terus kata  mama gw “eh gapapa , mbak kan kuat” gw udah nangis sebelum ambil tindakan bayangin . 

Sekitar beberapa menit berlalu,dokter dan 2 suster datang ke tempat tidur gw. Itu gunting bedah ,pisau dan alat lainnya ,ada di depan mata gw bayangin . kapas, betadine ,alkohol , aduhhhh . si suster nanya “dok disemprot atau disuntik” si dokter jawab “suntik deh” ehh dia bilag lagi “semprot aja ini udh tipis” dalem hati gw semprot gimana coba ,pake apaan pula . eh baru juga itu dibershini kan , udah sakit banget ,gw udh nangis dan mau berontak .terus disemprot lah itu abses dan itu ketiak gw serasa maenan tau ga , disobek disayat gitu dah kebayang ga , gw manusia hidup , terus itu kulit ketiak gw yang ada abses gede banget disayat . darah dan nanah kemana mana ,gw nangis kenceng banget , belom lagi suster yang bersihin ketiak gw kasar abis ,sampai sekarang gw menggangap dokter bedah itu kejam fix haha ,ga deng bercanda . Si dokter enak pisan bilang “cup cup jangan nangis” lha gimana ga nangis sakit banget . terus mama gw di depan dipanggil dokter gitu dibilang “bu sini bu liat darahnya sama nanahnya” yaampun tuhan ,yang bener aja dah gitu , mama gw mau pula kan , mama langsung disebelah gw nutupin kepala gw gtu ,dia meluk gw sambil bilang “iya sayang udah udah” terus suter bilang “ganti perban sehari 2x ya bu” ampun dalem hati gw ,gamau ganti perban gitukan ,mana seminggu kemudian gw harus kontrol astaga , dan ga gw laksanain saking takutnya ahahahha. sampai rumah gw masih nangis ,tangan ga bisa diturunin ,sekitar 2 minggu gw kesiksa dengan perban gitu ampun . dan sekitar2 sampai 3 minggu berlalu , gw setiap minggu kembali ke dokter umum deket rumah , yang bilang gw udah parah . dia bilang gw beneran emang udah parah (maag kronis) ,bahkan gw cuma dianjurin makan nasi tim ,telur rebus dan yang berkuah aja ,tanpa sayur dan buah. Gw shock dan nangis langsung , sampai pada akhirnya dokter bilang kalau gw gamau ngikutin saran dia , gw ga bakalan sembuh , atau bahkan penyakit gw ini bakalan menyebar ke payudara dan rahim . Gw mikir gitu,  cuma awalnya karena bakteri ,ga bsa kepanasan,ga bsa makan bebas. Udh kesiksa setahun ehh. Ternyata berlanjut jadi maag kronis kek gni, kesiksa? Ya honestly kesisksa.,cuma mau gimana lagi kan.yaa disitu pas gw diomongin gitu, gw lamgsung  nangis , omongan nya selalu menghatui gw ,itu membuat gw semakin kuat dan kadang membut gw drop sampai nangis tiba-tiba . sampai suatu saat gaada makanan yang bisa masuk ke tubuh gw karena gw muntah muntah terus , gw kembali ke dokter lagi dan dokter bilang ,gw harus ke rumah sakit untuk infus, gw pun pergi kerumah sakit swasta terdekat aja  (Imanuell) , gw ga nginep karena gwnya gamau disitu padahal dianjurkan nginep sih . tapi gw dikasih obat dan disuruh kontrol . ehhh besoknya tuh gw masih muntah-muntah lemes karena gaada makanan masuk , gw pun langsung dibawa ke rumah sakit borromeus  . langsung deh gw disuruh nginep dan gw terima , selama 4 hari gw ada disana ,sekarang ma tanpa ditemenin mama papa karena cuti mereka udah abis buat jaga gw dan gw udah gede juga ,Cuma kalau malem selalu ditemenin. Nah darisitu badan gw suka lemes dan dingin , gw ganyangka aja kenapa gw bisa kek gitu,dan cuma karena kambuh kepanaasn jdi menjalar keman-kemana , gw shock tapi mau giman lagi ,di rumah juga gw sempet sesek napas lagi ,gw suka kolik lagi . aduh itu kejadiaan  baru sekitar 4 bulan lalu. terlalu cepat waktu  berputar dan sejujurnya sulit menerima semua itu . btw mama gw juga nyebut gw anak mahal ,karena gw sering banget keluar masuk rumah sakit ,kebayang ga berapa puluh juta uang mama papa yang habis cma buat gw berobat ,mana gw gapake bpjs . waktu gw kecil juga gw pernah dikira kena leukimia ,tapi ternyata bukan gw kena virus gitu,yang ngakinbatin leukosit gw tinggi ,sempet juga waktu kecil gw ga bisa minum susu murah (maaf) jadi gw cuma bisa minum susu tertentu gitu , kalau minum susu yang murah gw bisa muntah ,(maaf gw ga maksud sombong ya ) .sempet juga kena ISPA ,ahh banyak deh ,gw aja nganggep gw tu punya nyawa kucing , yaa kek ada 9 nyawa gitu ahaha .
Gw sekarang bersyukur karena tuhan masih sayang samaa gw , gw tau misi gw di dunia itu belum selesai ,masih panjang , daan tuhan itu bener-bener baik bangettt ,  dan dukungan dari orang-orang sekitar adalah alasan untuk gw bertahan sejauh ini ,walau kadang gw suka kangen masa sekolah ,masa jalan jalan bebas  , dan kadang gw suka nyalahin keadaan gitu, gw suka pengen kaya anak remaja biasanya , masa kecil gw tuh ga seindah masa kecil lainnya , dan masa remaja gw pun sama , gw jadi kadang suka sedih gitu . tapi setelah  gw belajar dari pengalaman sebelummnya ,gw harus lebih kuat, banyak banget rintangan dan tantanga kehidupan yang udah gw lewatin ,gw gamau stuck di tempat gitu aja , gw masih punya tuhan,mama ,papa,dan sahabat sahabat gw . gw juga mikir yang lebih dari gw tu banyak kok . udah hampir 2 tahun gw melawan sakit di dalam perut gw ini , gw harus semangat sampai  gw bisa sembuh TOTAL nantinnya , gw harus mengejar cita-cita gw sebagai dokter  , gw harus bisa bantu sesama , gw bakalan terus berjuang sampai sekarang ini , dan buat yang baca , kalian berjuang terus dengan rintangan atau tantangan kalian masing – masing ya , semangat semua .lakuin emua hal yang kalian lakuin dengan senang hati dan iklas , dan selalu positive thinking aja.  segini dulu ya untuk pengalaman gw kali ini, besok gw bakalan cerita tentang yang lainnya 😊

ini sekilas foto2 yg sempet di pasang oksigen,infus dri opname ke 1-5 slma 1 thun terakhir dan suasananyaa waktu misa dan opname
ini waktu dikaaih roti dari rmh sakit dan tart dari temen papa natal tahun lalu,dan itu ada susu alomond karena ga bsa mnum susu hewani jadi nabati aja hehe ,itu jga ad bbrpa makanan rmh skit sempwt cuma boleh makan bubur sama kecap karena ga blg makanna berserat ;

Leave a comment