I’M NOT ALONE

Halo semua . tulisan hari ini aku mau bagi cerita tentang aku sama temenku.

Aku kenal dia bukan dari sekolah, bukan dari social media, aku kenal dia karena kami bertetangga,kenal dia pun udah cukup lama,kurang lebih 12 tahun. Seperti anak kecil pada umumnya , kita sering banget main, dari main lompat tali (karet yang disatu2in) kalo kata orang sini sih di sebutnya sapintrong,main kelereng karena disini juga banyak anak cowo jadi kebawa wkakaka, layangan, ke sawah, karena rumah kita 5 langkah langsung sawah wkakaka. tapi kita juga main mainan anak cewe kok kaya main sondah,main boneka dan masak2an, kita dulu punya hobi manjat pohon buah kersen,dan suka mandi bareng kadang sama temen lainnya bahkan di kamar mandi bisa ber3-4 itu mandi doang :). kadang suka berantem juga sih, hal wajar lah namanya juga anak kecil kan. suatu saat kita ga bisa secape dulu. aku yang kena epilepsi dan dia yang kena flek harus membatasi aktifitas.

Singkat cerita. waktu dia kelas 6 sd , dia pindah rumah 😦 hal yang ga diduga sebelumnya. karena gaakan ada yang tiap pulang dari jakarta terus kangen-kangenan dan pelukan depan rumah, gaakn ada yang ngajak ke gereja bareng sama keluarga dia.

Jarak dari rumahku ke rumah dia cukup jauh. dan kita masih kecil buat pergi-pergi sendiri. yaaa… kita sempet lost contact, aku yang sibuk sama kegiatan aku, dan dia yang sibuk sama kegiatan dia, ga pernah nanya kabar kebawa gengsi dan males , ga pernah ketemu di gereja, dia jarang banget main ke rumahku, mungkin saling ngomongin juga pernah ya 😂 .

Sampai suatu saat, aku liat dia di instagram. dia sakit, dan aku tanya dia sakit apa, dia bilang demam berdarah ,tapi aku sering banget liat dia bolak balik rumah sakit. dan suatu saat aku ketemu dia di gereja, dia cerita. kalo kemarin dia habis sakit, katanya rematik lah db lah cikungunya lah. sampai ga bisa jalan. kasian banget .

Ga berapa lama, dia masuk rumah sakit lagi, rumah sakit itu jaraknya gajauh dari sekolahku,pulang sekolah aku nyempetin buat nengok dia, ngobrol sama dia, disitu dia katanya kena anemia. sempet transfusi darah juga deh setau aku. Anak ini ceria banget, seperti yang biasanya aku kenal, yang selalu ngajak foto tiap kali ketemu, dan suka makan tapi badan ga pernah gendut.

aku pulang dengan keadaan yang cukup lega karena dia udah baikan dan kalo ga salah besoknya atau beberapa hari kemudian dia pulang.

Beberapa minggu berlalu, liat dia di instagram, pake kursi roda dan dia mau ke penang.aku gatau tujuan awalnya dia kesana apa.

Aku inget banget hari minggu, aku pulang gereja. aku dikabarin kalo dia masuk rumah sakit lagi dan kena Leukimia. aku disitu diem dan seketika netesin airmata. aku tau penyakit itu karena beberapa hari sebelumnya aku dapet tugas tentang penyakit darah. dan itu salah satunya. Aku, mama, dan tetangga disini langsung nengokin dia. Liat dia ngajakin aku keluar ruangan dengan kaki yang pincang dan ngajak aku foto foto. parah ni anak. ga keliatan sakit berat, cuma dia pucet aja. dia tetep seperti “nanda” yang aku kenal. selalu ceria . ternyata waktu dia ke penang itu dia ke dokter, dan disanalah dia ketauan kalo dia leukimia.

Jujur habis dari rumah sakit, perasaan masih campur aduk, ga nyngka sahabat sendiri bisa kena cancer. aku nangis tapi lama lama aku ngeyakinin diri kalo dia bisa sembuh dan ngelakuin apa yang kita lakuin dulu.

Seminggu setelah dia sakit. Akupun masuk rumah sakit, dia bilang kalo bisa nengok dia mau nengok tapi dia habis kemo jadi dia ga bisa nengok aku. darisitu kalo aku kebangun malem malem dan ga bisa tidur .aku selalu chatting dia, cerita apa aja keluhan kita selama ini. apa aja makanan yang kita makan selama ini 😂😂😂. darisitu kita semakin deket. dia pernah surprise ke aku dateng ke rumah nengok aku, aku liat dia. aku masuk rumah sakit ke 3 ,dia nengok aku. kemarin pun waktu aku masuk rumah sakit, dia nememin aku juga.

Dari yang gendut banget karena obat, botak *maaf, ga bisa jalan karena efek kemo, sampai akhirnya dia kmbali ke nanda yang punya rambut panjang, cantik, ceria.

Aku sama dia sama- sama berhenti sekolah,3 tahun berlalu dan darisitulah kita kembali seperti semula karena kita ngerasain hal yang sama walau kita berjuang dengan penyakit kita masing-masing yang berbeda. walaupun rumah kita ya lumayan jauh tapi kita suka nyempetin buat main dan ketemu. di gereja pun kita suka misa bareng. kita sempet misa penyembuhan dan dia nangis liat aku. aku pun nangis sambil pelukan, katanya ‘ga nyngka kamu sampe kaya gini ‘

Kita berjuang bareng bareng. dan karena dia aku belajar aku ga sendiri. ada dia. ad org lain yg lebih dari aku. sifat dia yang pantang nyerah itu ngebangkitin semangat aku lagi.

dan sekarang dia udah sehat, dia bebas kemo.hebat banget. bangga akutuh *jangan baper deh nda bacanya* 😂😂😂

Sebenarnya ,suatu tatangan hidup yang datang ke hidup kita ga selamanya buat kita jadi stress bahkan merasa sendiri. ngga, suatu tantangan di hidup kita ngebuat kita lebih kuat kedepannya, dan pasti ada sesuatu hal positif yang bisa kita ambil. coba bayangin kalau aku ga sakit dan dia doang yang sakit. atau cuma aku doang yang sakit dia ga sakit. atau kita bedua sama smaa ga sakit. pasti semua gaakn kembali ke seperti semula. gaakn tuh ngerasain misa penyembuhan bareng.

Inget ya kalian tuh ga sendiri, masih banyak orang diluar sana yang lebih parah penderitaannya dibanding kita. kalian tuh kuat, kalau kalian gakuat kalian gaaakn dikasih suatu tantangan sama Tuhan melebihi kemampuan kalian 🙂 .

dah dulu yaa semua.semoga bisa jadi inspirasi ya

itu waktu aku pernah aku kontrol dia kemo, jadi vc hehe, terus dia nengok aku, terus waktu kita ikut misa penyembuhan hehe

dan sekarang ini kita hehe

❤❤❤❤❤❤

Leave a comment